Sabtu, 22 Juni 2019

Tahukah anda bahwa tomat bisa ditanam dengan sistem hidroponik

Metode menanam tumbuhan hidroponik adalah salah satu metode yang sedang banyak digemari. Pasalnya, metode cara tanam hidroponik ini tidak harus membutuhkan lahan yang luas, sehingga memungkinkan dipraktekkan di lingkungan perumahan yang memang minim lahan atau lahan pertanian. Berbagai tumbuhan dapat ditanam menggunakan metode hidroponik ini, dan salah satunya yaitu tomat. Tanaman dengan buah berwarna merah ini merupakan salah satu tanaman hidroponik yang dalam perawatannya tidak begitu sulit. Selain itu, media yang dibutuhkan juga tidak banyak sehingga sangat memudahkan.

tanaman tomat hidroponik


Tomat hidroponik adalah tomat yang tumbuh dalam larutan nutrisi dan bukan di tanah, meskipun mereka biasanya ditempatkan dalam bahan yang bukan tanah yang dapat mendukung akarnya dan memberi nutrisi. Menanam tomat hidroponik memungkinkan petani untuk membesarkan mereka dalam lingkungan yang terkendali dengan sedikit resiko penyakit, pertumbuhan yang lebih cepat, dan hasil buah yang lebih besar. Namun, berkebun hidroponik jauh lebih membutuhkan tenaga, dan kadang-kadang lebih mahal, dibandingkan dengan penanaman tomat biasa, terutama jika Anda belum pernah menjalankan sistem hidroponik sebelumnya.

Nah! Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan gambaran bagi anda yang ingin Usaha Tomat Hidroponik sebagai tambahan penghasilan. Kalau anda hobi menanam, dan hasilnya bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan. Pada kesempatan ini, saya spesifikasikan untuk usaha tomat hidroponik sebagai usaha rumahan. Tidak perlu target yang muluk-muluk, sesuaikan dengan kemampuan anda, yang penting hobi tersalurkan.

Cara menanam tomat dengan hidroponik sebenarnyanya sangatlah gampang, Anda hanya membutuhkan pengetahuan sebelum memulai menanamnya. Dengan demikian anda tidak perlu membeli tomat di pasar karena di halaman belakang rumah Anda memiliki tanaman tomat. Selain itu tomat yang ditanam sendiri pun lebih di jamin kebersihan serta kesehatannya ketimbang harus membeli tomat di pasar. Lantas bagaimana cara usaha menanam tomat dengan sistem hidroponik, yuk kita lanjutkan!

Penyemaian : Penyemaian tomat ini dilakukan sejak tomat masih dalam bentuk biji. Kemudian biji tomat tersebut dikeringkan dan disemai dalam media semai yaitu plastik dan rockwoll. Proses penyemaian bibit tomat ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan atau hingga bibit tomat mencapai ketinggian 15 cm.

Persiapan media tanam : Setelah bibit tomat siap berukuran 15 cm, bibit tersebut siap untuk dipindahkan ke lahan tanam. Sesuai metode penanaman yang digunakan yaitu metode hidroponik, jadi media tanam yang digunakan bukanlah tanah atau unsur hara lainnya. Media penanaman tomat hidroponik ini tak lain adalah arang sekam. Arang sekam yaitu media yang terbuat dari padi kering yang telah dibakar. Kemudian media tersebut di masukkan dalam polybag ataupun pot. Setiap polybag sebaiknya diisikan dengan arang sekam masing-masing 2 kg. Setelah itu, letakkan polybag yang sudah berisi arang sekam dan ditanami bibit tomat tersebut dalam rumah kaca dengan jarak masing-masing polybag adalah 30-40 cm. Untuk metode ini disesuaikan dengan metode hidroponik yang Anda terapkan, gambar di atas hanyalah ilustrasi saja. bisa berbeda dengan metode yang Anda gunakan.

Pemberian nutrisi / pemupukan : Setelah bibit tomat di pindahkan dari media penyemaian ke media penanaman, cara menanam tomat hidroponik selanjutnya yaitu dengan memberikan nutrisi pada tanaman tomat tersebut. Nutrisi yang di butuhkan tanaman tomat hidroponik adalah nutrisi AB Mix khusus tomat. Pemberian nutrisi ini bisa di lakukan setiap hari. Tips agar tanaman tomat tidak rusak karena nutrisi yang di berikan adalah jangan sampai daun tomat terkena cairan nutrisi, serta jangan sampai menyentuh media arang sekam.

Untuk pemeliharaannya Anda cukup mengecek daun tanaman tomat yang sudah tua, buanglah daun-daun tersebut agar daun muda tanaman tomat bisa tumbuh subur. Buang juga buah tomat yang busuk atau di hinggapi serangga. Selain itu, Anda juga harus sering mengecek hama kecil yang biasanya menempel pada bagian bawah daun dan batang tanaman tomat. Jangan lupa pula untuk sering menyiramnya, yaitu 2 kali pada pagi dan sore hari. Mudah bukan cara menanam tomat hidroponik? Anda bisa juga mencoba menanam tomat hidroponik ini di rumah dan memanennya untuk kebutuhan rumah tangga sendiri. tentunya dengan sekala kecil yang disesuaikan dengan lahan di rumah Anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita dan silakan share artikel ini agar dapat bermanfaat juga untuk yang lain.

sumber rujukan : https://infobignews.com/tanaman-hidroponik-sayuran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar