Kamis, 03 Oktober 2019

Tips cara menghilangkan ketombe dengan bahan bahan alami

Ketombe bagi sebagian orang menganggu penampilan, apalagi ketika menggunakan pakaian hitam, akan sangat telihat serpihan putih yang jatuh di pundak. Meski ketombe memalukan, kabar baiknya adalah bahwa masalah ini sama sekali tidak berbahaya. Tidak ada solusi obat-obatan atau farmasi yang diperlukan untuk menghilangkan ketombe, namun ada banyak cara menghilangkan ketombe dengan obat alami yang bisa didapatkan di rumah Anda sendiri.

cara menghilangkan ketombe


Rambut yang sehat dan indah menjadi salah satu indikator kecantikan para wanita dan tidak bisa dipisahkan dari ritual perawatan kecantikan lainnya. Wajah yang sudah tampak cantik sempurna akan terlihat kurang apabila rambut tidak terawat. Untuk menyempurnakan penampilan rambutnya para wanita seringkali melakukan berbagai perawatan baik yang modern maupun yang tradisional. Hal itu tentu dilakukan untuk menjaga kondisi rambutnya agar tetap indah dan terawa. Begitu juga dengan para pria yang tentunya wajib merawat rambut mereka.

baca juga cara membuat cream pemutih wajah racikan sendiri

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Lebih jelasnya simak saja penyebab ketombe di bawah ini. ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi banyak orang. Namun berketombe bagi sebagian orang membuatnya tidak percaya diri karena seperti ada salju yang terus menerus turun dan mengotori baju. Sebagian sudah mencoba mengatasi ketombe dengan memakai produk shampoo khusus anti-ketombe. Bukannya hilang, nyatanya ada yang tambah parah, ada pula yang hilang namun kembali lagi.

Ketombe ditandai dengan serpihan putih kecil yang jatuh dari kulit kepala. Sementara dengan jumlah kecil itu normal, karena sel kulit mati mengelupas kulit kepala Anda. Banyak orang mengalami pengelupasan parah, sehingga mereka berusaha menutupinya dengan berbagai cara. Pengelupasan kulit kepala sering disertai dengan kulit kepala yang gatal, kemerahan, dan iritasi.

Ada banyak penyebab ketombe, di antaranya kulit kepala kering, kulit berminyak, diet, kebersihan, sering keramas atau mencuci rambut, dan stres. Semantara ilmuwan telah menemukan bahwa ketombe sebenarnya adalah hasil dari infeksi jamur. Dua dari infeksi jamur yang ditunjukkan adalah pityriasis capitis dan malassezia globosa.

Salah satu masalah rambut paling umum yang dialami sebagian besar orang adalah rambut berketombe. Penyebab kulit kepala terkelupas seperti ketombe bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari gaya hidup sehari-hari yang mungkin kurang memerhatikan kesehatan rambut, atau makanan penyebab ketombe yang dikonsumsi. Cara keramas juga bisa memengaruhi timbulnya ketombe pada kulit kepala . Jika kurang bersih dalam membilas lambut setelah keramas, hal ini bisa membuat sisa shampo yang masih menempel menumpuk bersama kulit mati dan menimbulkan ketombe.

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Lebih jelasnya simak saja penyebab ketombe di bawah ini.

Dengan cuka sari apel : Cuka sari apel sangat bagus untuk membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Menggunakan cuka sari apel cukup mancampurkannya dengan air sebagai sampo. Perawatan ini dapat melegakan rasa gatal secara instan, sembari menyingkirkan ketombe hanya dengan beberapa aplikasi selama beberapa hari.

Gunakan minyak oregano atau tea tree oil :  Minyak oregano dan tea tree memiliki khasiat antivirus, antibakteri, dan antijamur alami yang dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi. Cobalah meminum minyak oregano secara internal, atau oleskan minyak oregano dan tea tree oil di kulit kepala.

Dengan Garam dengan minyak kelapa : Minyak kelapa mengandung banyak vitamin E yang baik untuk pertumbuhan rambut serta kulit kepala. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin pada rambut. Caranya mudah saja.


  1. Cukup campurkan minyak kelapa dengan garam.
  2. Pijat dengan perlahan pada kulit kepala.
  3. Diamkan selama beberapa saat4. Bilas menggunakan air bersih atau shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam pada kulit kepala.
  4. Baca juga cara mencegah ketombe di kulit kepala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar