Minggu, 28 Juli 2019

Resep cara membuat cilok sederhana dan enak khas Bandung

Resep cara membuat cilok sederhana dan enak khas Bandung. Apakah Cilok itu? Semua orang pasti sudah banyak yang tahu, yaitu jajanan murah yang disukai semua kalangan. Sudah tak asing rasanya jika banyak tukang cilok yang berjualan di depan sekolah atau kampus.

cara membuat cilok sederhana


Cilok adalah jajan yang berbentuk bulat dengan rasa kenyal. Hampir sama dengan bakso, namun bahan dasarnya beda. Pada bakso banyak ,menggunakan daging dan dengan sedikit tepung, maka cilok sebaliknya. Cilok memakai Banyak tepung tapi sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak menggunakan daging. Karena itu rasa dan tekstur cilok jauh lebih kenyal daripada bakso. Anda penggemar bakso, yuk ikuti caranya di cara membuat bakso enak.

Cilok adalah semacam jajanan yang banyak dijual di pinggir jalan, entah dari mana asal muasalnya. Ada yang menyebutkan kalau cilok berasal dari Bandung. Penyebutan nama cilok, dilansir dari Wikipedia, berasal dari kata aci yang dicolok. Aci adalah bahan utama cilok yang merupakan tepung tapioka (dalam bahasa Sunda) disebut aci dan dihidangkan dengan cara dicolok.

Biasanya cara penyajiannya dengan menggunakan bumbu dari kacang. Sedangkan variasi lainnya, yaitu cilok bakar, cilok goreng, atau cilok yang berisi telur, juga masih banyak lagi. Memang ada banyak macam cilok dan variasinya. Walau beraneka ragam, tetapi cara membuat cilok biasanya tak jauh beda mulai dari cara membuat cilok kuah maupun cara membuat cilok isi yang enak. Bunda juga bisa mencoba Resep botok petai cina pedas

Cara membuat cilok Bandung. Resep ini adalah cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau biasa disebut cilok Bandung. Tidak usah berlama-lama lagi, mari kita simak cara membuat cilok Bandung berikut ini.

Bahan bahan jajanan cilok bandung
⇒Garam 1 sdt
⇒Tepung tapioka 100 g
⇒Air panas 200 ml
⇒Merica bubuk sdt
⇒Daun bawang 1 batang (iris halus)
⇒Tepung terigu 100 g
⇒Bawang putih 1 siung (haluskan)
⇒Gula pasir sdt
⇒Penyedap rasa sapi 1 sdt

Cara membuat jajanan cilok bandung
⇰Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan garam. Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.
⇰Lalu masukkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata.. Kemudian bentuk bulat-bulat kecil.
⇰Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.
⇰Tidak hanya cara membuat cilok saja, kita akan juga bersama-sama membuat bumbu sebagai penyempurna penyajian cilok. Ya, bumbu kacang.

Resep cara membuat bumbu kacang cilok. Bumbu kacang atau sering juga disebut sebagai saus kacang tidak bisa lepas dari jajanan cilok. Sebab bumbu kacang sebagai pelengkap sajian jajanan cilok. Nah berikut cara bikin bumbu kacang cilok pedas enak.

Bahan bumbu kacang cilok
⇒Cabe rawit merah 7 buah
⇒Bawang putih 2 siung
⇒Garam 1 sdt
⇒Gula merah 4 sdm
⇒Minyak
⇒Kacang tanah 100 g. Goreng
⇒Air 200 ml
⇒Air asam jawa 1 sdm

Cara membuat bumbu kacang cilok
⇒Tumbuk kacang hingga halus lalu tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam.
⇒Setelah itu kemudian tumis dengan minyak goreng sedikit saja. Tumis hingga baunya semerbak
⇒ sumber artikel : https://saelekko.com/cara-membuat-cilok-bumbu-kacang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar