Sabtu, 02 April 2016

Cara memilih ikan yang berkualitas bagus

Bagaimana cara memilih ikan yang berkualitas bagus. Ikan baik itu ikan laut maupun ikan air tawar kaya nutrisi dan omega 3 khususnya ikan laut, selain enak rasanya juga murah harganya. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki hasil ikan yang sangat berlimpah. Oleh sebab itu mengkonsumsi ikan setiap hari juga masih terjangkau karena harganya yang murah meriah. namun demikian kadang kita belum paham cara memilih ikan segar.

cara memilih ikan


Untuk keperluan memasak diperlukan ikan yang benar-benar segar, disamping rasanya akan lebih lezat, kandungan gizinya pun lebih baik. Namun masih banyak ibu-ibu atau para pembeli ikan yang belum bisa memilih ikan yang segar, terutama ikan yang sudah mati. Ikan merupakan salah satu makanan yang cepat rusak, karena kandungan protein yang sangat tinggi menyebabkan bau busuk yang menyengat. Silahkan baca tips tentang cara membeli dan memilih ikan. Kenali ikan berkualitas bagus, seperti berikut :

Ciri-ciri ikan berkualitas bagus
  1. Warna kulit terang dan cerah
  2. Daging ikan bila ditekan terasa keras
  3. Mata jernih menonjol dan cembung
  4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas
  5. Insang berwarna merah
  6. Sirip kuat
  7. Kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Dan tidak berbau busuk.
Cukup banyak juga resep masakan indonesia yang menggunakan bahan utama ikan segar. Saat ada acara acara atau lagi ramai ramai kumpul keluarga biasanya ada acara khusus yakni bakar bakar ikan. Salah satunya adalah ikan mas bakar yang mudah cara membuatnya dan enak serta bergizi. Ikan mas sangat mudah didapatkan, biasanya di jual di pasar pasar tradisional, dengan harga perkilo gram.

Lumayan banyak juga sih ikan bakar air tawar, sehingga anda bisa memilih sesuai dengan keinginan masing masing. Selain ikan mas, anda juga bisa menggunakan bahan ikan lainnya, yakni ikan kembung. Masakan ikan kembung bakar paling nikmat dengan siraman bumbu kecap.

Soal rasa biasanya cukup relatif, namun yang pasti bahwa anda bisa mendapatkan ikan segar yang berkualitas bagus dan masih segar. Jika ragu bisa memilih yang masih hidup atau memilih sesuai petunjuk admin di atas.

Bagi bunda bunda yang hobi masak, tentu banyak mempunyai kreasi jitu bagaimana cara memasak ikan supaya tidak bosan. Kalau nggak mau bakar bakaran, bisa dengan  di pepes. cara membuat pepes ikan juga lumayan mudah dan bumbunya juga sangat sederhana, seperti : bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, kemiri, ketumbar, gabe rawit merah, gula pasir, garam, dan bumbu penyedap. Mau pepes ikan, nih resep pepes ikan kembung yang enak dan murah meriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar